Sabtu, 15 Agustus 2015

RAMADHAN ALA BOCAH CONDET


 *penulis menulis tulisan ini pada tanggal 22 Juni 2015 yang lalu tepat pada saat bulan Ramadhan.


 BULAN RAMADHAN DAN CERITA KUE PUTU MAYANG-LAPIS DI CONDET

'' kueeee putu mayanggg, kueeeeee laaapisssss'', begitulah jingle khas penjual kue putu mayang dan lapis saat berkeliling condet.

condet merupakan sebuah perkampungan di timur Jakarta. kawasan tersebut dahulu terkenal akan buah Salak dan dukunya. salak condet bahkan dijadikan lambang kota Jakarta oleh pemerintah daerah. namun, ironisnya kini duku dan salak condet hanya tinggal cerita. mereka telah punah dan digantikan dengan rumah kontrakan hingga ruko pertokoan.

di Condet ada kebiasan unik tatkala bulan ramadhan datang. anak-anak di Condet, khususnya yang berada di kelurahan Balekambang biasa memanfaatkan moment ramadhan untuk berjualan kue putu mayang dan kue lapis keliling kampung. kebiasaaan berjualan kue putu mayang dan lapis keliling sudah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu.

adalah Mpok Mamah (54 th), dia merupakan agen dari kue putu mayang dan lapis. usahanya membuat kue dirintis sejak tahun 1990-an. rumahnya yang terletak di Gg. H. Yahya selalu dibuat riuh oleh suara anak-anak yang ingin menjual kue khas betawi tersebut.

''ya kita usaha begini udah dari dulu. kalau bulan puasa datang yaudah kita buat deh tu kue. anak-anak pada dateng sendiri tanpa kite suruh. cuman bedanya anak-anak dulu lebih rame yang mau jualan ketimbang sekarang''. tutur mpok mamah.

''anak-anak mah datang biasanya jam 9, biasanya tuh pada dateng ama temennya, bisa kali satu hari tuh ada 20an anak dateng ke mari'' jelas mpok asli betawi sambil terseyum.

pukul 9 pagi hingga 3 sore adalah waktu bejualan kue putu mayang dan kue lapis keliling. dalam menjajakan kue, biasanya anak-anak selalu berpasangan. satu diantara mereka membawa kue dan yang satunya lagi membawa air gula merah. teriknya matahari pun ternyata tak memadamkan semangat anak anak untuk berjualan. untuk upah, mereka mendapatkan bayaran sesuai dengan jumlah kue yang dibawa.

''saya dibayarnya tergantung jumlah kue yang saya bawa bang, kalo bawa 30 saya dikasih lima ribu. itu juga kalo kuenya abis semua''. jelas Imam (9th) bocah penjual kue.

''saya mah seneng aja bang jualan, kan dapat duit, duitnye kita tabung biar bisa beli mainan ntar pas lebaran''. tambah bocah berambut ikal tersebut.

rute yang biasa dilalui para bocah penjual kue putu mayang dan lapis adalah sekitar kelurahan Balekambang dan Batu Ampar. hebatnya, kebanyakan anak-anak ketika berjualan tetap dalam keadaan berpuasa. ketika lelah melanda, mereka pun beristirahat di moshala. seperti yang dilakukan Fahmi (13 th). dia selalu beristirahat di mushola sambil membasuh mukanya ditempat wudhu.
''biarpun jualan, saya tetap puasa bang, cuci muka juga ntar capeknya ilang''. jelas Fahmi.

sebagai kue khas betawi kue putu mayang dan kue lapis memang terkenal enak rasanya, apalagi ketika dicampur dengan air gula merah. rasanya yang legit begitu amat dicari oleh warga ketika bulan ramadhan.

Lis (27th) seorang warga condet kerap menanti kedatangan para bocah penjual kue putu mayang dan lapis. wanita ini amat menyukai kue lapis. biasanya dia membeli tiga kue, dimana ketiga kue itu nanti akan dimakan bersama suami dan anaknya ketika waktu berbuka puasa tiba.

''saya demen banget ama kue lapis, kuenya enak sih. saya taruh ke kulkas dulu biar adem, kan seger tuh ntar pas buka'' tutur wanita berkulit sawo matang tersebut sambil menggendong anaknya.
matahari pun semakin berjalan ke arah barat. jam di tangannya saya menunjukan pukul 16.00. selepas sholat ashar di moshoal Nurul Yaqin, motor supra x keluaran tahun 1998 pun dengan gagah perkasa mengantarkan saya ke pulang ke rumah.

Ahmad Khoerul Mizan.

1 komentar:

  1. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/3-zodiak-yang-bisa-jadi-pasangan-terbaik.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/unik-petani-jepang-kembangkan-pisang.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/bakso-rusuk-mangkok-raksasa-yang.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus